/* */
MEDIA PENDIDIKAN dan PEMBELAJARAN Ilmu Mantiq (Logika): Kaidah Berfikir yang Memelihara Akal, agar tidak terjadi Kerancuan dalam Berfikir.

Wednesday, January 19, 2022

 Bagaimana Antrean  digunakan dalam aplikasi nyata dan implementasinya dalam C ++

Link Aplikasi Antrean

Antrean  adalah salah satu struktur data yang paling sederhana dan berguna, tidak hanya dalam ilmu komputer, Antrean  juga relevan dalam kehidupan kita sehari-hari di banyak bidang yang berbeda.
Kita akan membahas mengapa Antrean  sangat penting, bagaimana mereka digunakan dalam ilmu komputer dan akhirnya melihat implementasinya dalam C ++. Tujuannya adalah untuk memahami pola Antrean , dan memahami mengapa mereka ada, ini diharapkan dapat membantu Anda yang ingin mempelajari Antrean .

Aplikasi praktis

Jadi apa yang membuat Antrean  spesial? Antrean  adalah struktur data yang mengikuti First In First Out - yang berarti item pertama yang masuk Antrean  adalah yang pertama meninggalkan Antrean .

Dalam ilmu komputer, pola ini berguna ketika proses perlu dijalankan sesuai urutan pembuatannya. Ini juga digunakan untuk mengirim pesan ke penerima sesuai urutan pembuatannya.
Antrean  berguna dalam skenario di mana hanya ada satu sumber daya, tetapi beberapa objek yang ingin menggunakan atau mengakses sumber daya. Jadi Antrean  bisa dianggap seperti daftar tunggu, untuk sumber daya. Sumber daya ini bisa berupa prosesor, atau mungkin layanan yang menjalankan fungsi, atau bahkan bisa menjadi penerima pesan. Memperkenalkan konsep daftar tunggu untuk sumber daya ini membantu dalam membuat sistem asinkron, meningkatkan kecepatan pemrosesan, dan juga memastikan sumber daya digunakan secara efisien.

Belajar tentang Antrean  diperlukan, karena akan digunakan di beberapa titik dalam karier Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi di mana Antrean  digunakan:

·      1. Antrean  Pesan - Antrean  pesan adalah konsep umum yang digunakan untuk komunikasi antar proses. Pada dasarnya pengirim mengirim pesan, dan jika penerima tidak dapat segera menerimanya mungkin karena sibuk dengan sesuatu atau offline, pesan tersebut bukannya terkirim, menunggu dalam semacam Antrean , dan ketika penerima siap menerimanya, pesan dikonsumsi atau dihapus dari Antrean  dan dikirim ke penerima. Misalnya, saat Anda mengirim email, ia menunggu dalam Antrean  yang disebut Antrean  SMTP, sampai penerima masuk ke kotak masuk mereka. Konsep yang sama diterapkan saat Anda mengirim pesan ke seseorang yang tidak online di jejaring sosial. Pesan Anda menunggu dalam semacam Antrean  di server, dan ketika penerima online, pesan akan dikirim kepada mereka.

·       2.  Proses Penjadwalan - Semua proses yang berjalan di komputer Anda sekarang, menunggu dulu dalam Antrean  yang disebut Antrean  siap, menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor. Ada berbagai algoritma penjadwalan yang memutuskan proses mana yang harus dijalankan selanjutnya berdasarkan kriteria tertentu seperti prioritas.

·      3.   Data Buffer - Buffer mengimplementasikan Antrean  dan biasanya digunakan dalam komunikasi ketika ada perbedaan antara kecepatan penerimaan data dan kecepatan pemrosesannya. Misalnya dalam aplikasi video streaming, video di-streaming secara burst dan disimpan dalam buffer sehingga meskipun jaringan menjadi lambat untuk beberapa saat, pemutaran tidak akan terganggu. Katakanlah misalnya video diputar pada 24fps, maka aplikasi streaming dapat menyimpan 240 bingkai dalam buffernya, sehingga dapat terus diputar selama 10 detik berikutnya meskipun jaringan terputus. Buffer juga digunakan untuk mengurutkan frame, yaitu jika frame rusak, mereka akan diurutkan dalam buffer sebelum dimainkan. Buffer juga digunakan dalam drive disk, perangkat input / output, dan komunikasi melalui jaringan.

Ini juga digunakan dalam beberapa algoritma seperti algoritma Breadth First Search atau BFS, dan algoritma round robin. Sekarang setelah kita memahami pentingnya Antrean , mari kita lihat operasi Antrean .

Ada empat operasi Antrean :

Enqueue - menambahkan elemen ke Antrean  disebut enqueue. Elemen baru biasanya ditambahkan ke belakang Antrean . Dalam contoh, 10 diantrekan, dan ditambahkan ke Antrean .

Dequeue - menghapus elemen dari Antrean  disebut dequeue. Saat memanggil dequeue, elemen dari depan Antrean  (lebih umum, ujung berlawanan di mana enqueue dilakukan) dihapus. Dalam contoh, 15 berada di depan, dan saat mengantre, dihapus dan nilainya dikembalikan.

Front - fungsi ini hanya mengembalikan nilai di depan Antrean . Ini akan menjadi elemen yang akan diantrekan selanjutnya.

Back / Rear - fungsi ini mengembalikan nilai di belakang Antrean . Ini akan menjadi elemen yang baru saja ditambahkan ke Antrean .

/*
*/