/* */
MEDIA PENDIDIKAN dan PEMBELAJARAN Ilmu Mantiq (Logika): Kaidah Berfikir yang Memelihara Akal, agar tidak terjadi Kerancuan dalam Berfikir.

Saturday, January 22, 2011

Pendahuluan Algoritma Genetika

Salah satu yang menjadi prinsip mendasar dalam dunia kita adalah pencarian untuk sebuah keadaan optimal. Ini dimulai pada mikrokosmos di mana atom dalam fisika mencoba untuk membentuk ikatan 1 dalam rangka meminimalkan energi elektron mereka. Ketika molekul dalam keadaan padat selama proses pembekuan, mereka mencoba untuk menganggap struktur kristal energi yang optimal. Proses ini, tentu saja, tidak didorong oleh niat yang lebih tinggi tetapi murni hasil dari hukum fisika.
Hal yang sama berlaku untuk prinsip biologis kelangsungan hidup yang bersama-sama dengan evolusi biologis, mengarah pada adaptasi yang lebih baik dari spesies ke lingkungan mereka. Di sini, sebuah spesies yang dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan lokal, secara optimum akan mendominasi semua hewan lain di sekitarnya. Dimana Homo sapiens telah mencapai tingkat ini, mereka dapat beradaptasi dengan semut, bakteri, lalat, kecoa, dan segala macam makhluk menyeramkan lain.
Selama manusia ada, kita berusaha untuk kesempurnaan di banyak daerah. Kita ingin mencapai tingkat maksimum kebahagiaan dengan paling sedikit usaha. Pada sisi keuntungan ekonomi, misalkan penjualan harus dimaksimalkan dan biaya harus serendah mungkin. Oleh karena itu, optimasi merupakan salah satu ilmu tertua yang bahkan meluas ke kehidupan sehari-hari.
Jika sesuatu adalah penting, umum, dan cukup abstrak, selalu ada disiplin matematika yang berurusan dengan hal seperti itu. Global optimum adalah cabang matematika terapan dan analisis numerik yang terfokus dengan baik, untuk mencapai optimasi. Tujuan dari global optimum adalah untuk menemukan elemen terbaik x* dengan menetapkan himpunan X berdasarkan seperangkat kriteria F = { f1, f2, ..,fn}.
Kriteria ini dinyatakan sebagai fungsi matematika, dan ini yang disebut dengan fungsi tujuan.
Definisi 1.1 (Fungsi Tujuan). Sebuah fungsi objektif f:X→Y dengan Y ⊆ R
adalah fungsi matematika yang akan dikenakan optimasi.
/*
*/